Kamis, 02 Juli 2020

Bab. 1 Objek IPA dan Pengamatannya (Pengantar Materi : Objek IPA dan Penyelidikan IPA)

Kompetensi Dasar :
Pengetahuan
3.1 Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar (baku).

Keterampilan
4.1 Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.

Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti proses pembelajaran daring, peserta didik dapat : 
1. Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA dengan benar.
2. Menjelaskan 3 komponen keterampilan proses penyelidikan ilmiah IPA meliputi: pengamatan, inferensi, dan komunikasi dengan benar.


Assalamualaikum Wr. Wb
Anak-anak, sebelum kita belajar IPA hari ini, jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu. Dengan doa dan upaya kalian yang sungguh-sungguh, Pak Arief yakin kalian akan mampu menguasai materi hari ini. Berikut Peta Konsep materi yang akan kita pelajari.

PETA KONSEP
RINGKASAN MATERI
A. Objek IPA
Pada bab yang pertama ini, kita akan membahas tentang apa aja sih ruang lingkup IPA itu? Dan untuk mempelajarinya kita harus ngapain aja? oke kita simak aja ya.

Sebelum kita masuk ke dalam materi inti, kita harus tahu terlebih dahulu apa saja yang menjadi ruang lingkup IPA.

Seperti yang sudah kalian ketahui, IPA itu kan singkatan dari "Ilmu Pengetahuan Alam", iya kan. Nah berarti ruang lingkup yang nanti bakal kita bahas ya nggak bakal jauh dari yang namanya ALAM.

Sekarang yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah "apa aja sih yang dipelajari dalam IPA?"

Objek yang dipelajari dalam IPA adalah seluruh benda di alam dengan segala interaksinya untuk dipelajari pola- pola keteraturannya.
Objek IPA dapat berupa benda berukuran sangat kecil (mikroskopis), misalnya bakteri, virus, dan atom atau benda yang berukuran sangat besar seperti lautan, bumi, dan tata surya.

Sekarang coba deh kalian bayangin, objek IPA kan buanyak ya, hewan aja banyak jenisnya, tumbuhan juga sama. Secara garis besarnya, objek di alam itu dikategorikan menjadi 2, yaitu objek Biotik
(benda hidup/makhluk hidup) dan objek Abiotik (benda tak hidup)
Objek pengamatan IPA terdiri dari Objek Biotik dan Objek Abiotik
Pada saat ini, penyelidikan tentang alam telah menghasilkan kumpulan pengetahuan yang demikian kompleks. Untuk memudahkan, pengetahuan-pengetahuan tersebut digolongkan sebagai berikut:

  • Fisika, mempelajari tentang aspek mendasar alam, misalnya materi, energi, gaya, gerak, panas, cahaya, dan berbagai gejala alam fisik lainnya.
  • Kimia, meliputi penyelidikan tentang penyusun dan perubahan zat.
  • Biologi, mempelajari tentang sistem kehidupan mulai dari ukuran kecil sampai dengan lingkungan yang sangat luas.
  • Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (IPBA), mempelajari asal mula bumi, perkembangan dan keadaan bumi saat ini, bintang-bintang, planet-planet, dan berbagai benda langit lainnya.

Terus, gimana dong caranya supaya kita bisa mengamati, menyelidiki, dan mengenali tentang objek-objek IPA tersebut?

B. Penyelidikan Ilmiah IPA
Para ilmuwan jaman dahulu sudah membuat dan menyepakati sebuah metode atau cara untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan erat dengan IPA atau penyelidikan ilmiah IPA.

Metode tersebut adalah Metode Ilmiah.
Metode Ilmiah merupakan cara-cara atau langkah-langkah yang digunakan oleh para ilmuwan untuk menyelesaikan suatu masalah keilmuan.
Di dalam metode ilmiah terdapat beberapa proses penyelidikan ilmiah yang harus dikuasai, yaitu:

1. Pengamatan

  • Merupakan proses menyelidiki suatu objek dengan menggunakan alat indera ataupun alat bantu. 
  • Misalnya mengamati seekor burung di atas dahan pohon dengan menggunakan indera penglihatan (mata) dan alat bantu (teropong).                                                     
2. Membuat inferensi
  • Membuat inferensi artinya adalah merumuskan penjelasan berdasarkan data dan informasi yang telah dikumpulkan pada saat pengamatan. dan dihubungkan dengan berbagai teori yang ada.
  • Kemudian berdasarkan penjelasan tersebut dapat ditarik sebuah kesimpulan.

3. Mengomunikasikan
  • Kesimpulan yang sudah diperoleh, selanjutnya kita sampaikan kepada orang lain (publik) secara jelas dan terperinci baik secara lisan maupun tulisan, sehingga orang lain dapat memahami dengan baik apa yang ingin kita sampaikan.
  • Data-data pendukung yang dapat dikomunikasikan, misalnya tabel, grafik, bagan atau gambar.                                                    
C. Langkah-Langkah Metode Ilmiah
Setelah kalian mengetahui apa aja proses yang harus kalian kuasai di dalam metode ilmiah. Sekarang saatnya kalian harus tahu urutan langkah-langkah metode ilmiah yang harus dilakukan. Berikut langkah-langkah metode ilmiah:
  • Merumuskan masalah
  • Mengumpulkan data
  • Membuat hipotesis atau dugaan sementara
  • Melakukan eksperimen atau percobaan
  • Menarik kesimpulan
  • Menguji kembali kesimpulan dengan percobaan ulang
Catatan penting nih : langkah-langkah metode ilmiah tersebut harus berurutan alias jangan ngacak.

D. Manfaat Belajar IPA
Kemampuan penyelidikan ilmiah IPA merupakan keterampilan sepanjang hayat yang dapat digunakan dalam mempelajari berbagai macam ilmu, termasuk dalam kehidupan sehari-hari.
Adapun kegunaan belajar IPA dalam kehidupan sehari-hari antara lain: 
a) Memahami berbagai hal di sekitar kita
b) Berfikir logis dan sistematis
c) Meningkatkan kualitas hidup
d) Menyelesaikan masalah

Pada pembahasan selanjutnya ini kita akan fokuskan ke salah satu proses dari Metode Ilmiah yaitu Pengukuran. 
REFERENSI
  • Buku referensi : 
  • Semua siswa kelas 7 wajib mendownload buku paket dengan cara KLIK DI SINI.
  • Video referensi :
  • Beberapa video referensi terkait materi bisa dilihat dengan cara klik pada gambar. 



PENUGASAN MANDIRI
  • Buatlah foto aktivitas kalian di rumah/lingkungan sekitar rumah yang menggambarkan proses penyelidikan ilmiah meliputi pengamatan, membuat inferensi dan mengkomunikasikan (masing-masing 1 foto saja).
  • Berilah keterangan singkat dan identitas diri (Nama dan kelas) untuk masing-masing foto (foto boleh dihias sesuai kreativitas masing-masing).
  • Tugas dikumpulkan melalui upload google drive maksimal 2 hari setelah pemberian tugas (Link google drive akan disampaikan di grup WA)
~ Tetap Semangat Belajar IPA #dirumahaja ~


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bab 10. Cahaya dan Alat Optik (Materi 3 : Alat Optik)

Kompetensi Dasar : Pengetahuan 3.12 Menganalisis sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung, serta penerapannya...