Selasa, 23 Juni 2020

Kegiatan Presentasi IPA dalam bentuk VLOG materi Gempa Bumi


Belajar tak melulu dilakukan di dalam kelas, apalagi dengan kondisi saat ini belajar di rumah harus tetap dilakukan dengan semangat.
Pembelajaran IPA kali ini kakak-kakak kelas 7 berlatih untuk mempresentasikan hasil jawaban mereka tentang analisis gempa bumi di hadapan kamera dalam bentuk vlog/video. Selain nambah ilmu dan kreativitas, tentunya belajar seperti ini seru juga kan pastinya😁
SOAL ANALISIS GEMPA BUMI
     Sabtu pagi pukul 05.53 WIB tanggal 27 Mei 2006 di Yogyakarta terjadi gempa bumi berkekuatan 5,9 SR. Gempa tersebut telah meluluhlantakkan daerah-daerah di wilayah Provinsi DIY dan sebagian Provinsi Jawa Tengah. Gempa tersebut berpusat di koordinat 8 Garis Lintang Selatan dan 110 Garis Bujur Timur atau sekitar 25 km ke arah barat daya dari Kota Yogyakarta dengan kedalaman 17,3 km di bawah permukaan laut. Walaupun pusat gempa berada di laut, tetapi tidak mengakibatkan tsunami.
     Gempa ini menewaskan lebih dari 5.800 orang, lebih dari 37.000 orang luka-luka, lebih dari 84.000 rumah rata dengan tanah, dan lebih dari 200.000 rumah mengalami rusak ringan, sedang maupun berat. Kerusakan paling parah adalah di Kecamatan Imogiri, Jetis, Pleret dan Piyungan di Bantul dan Kecamatan Wedi, Gantiwarno, dan Bambanglipuro di Klaten. Penyebab gempa ini adalah adanya pergeseran sesar Opak yang membentang dari pesisir pantai Bantul hingga ke Prambanan sepanjang 40 km dengan arah 30NE (Northeast—Timur Laut).

Soal Analisis
1. Berdasarkan bacaan di atas, tentukan :
         a. Letak hiposentrum
         b. Magnitude gempa
2. Berdasarkan kedalamannya, termasuk jenis apakah gempa bumi tersebut ? 
        Jelaskan singkat !
3. Berdasarkan penyebabnya, termasuk jenis apakah gempa bumi tersebut ? 
        Jelaskan singkat !
4. Berdasarkan magnitudenya, termasuk kategori apakah gempa bumi tersebut ?
        Jelaskan singkat ! 
5. Mengapa gempa bumi tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami walaupun pusat gempa berada di laut ?
6. Apa tindakan penyelamatan yang bisa kalian lakukan jika terjadi gempa bumi saat kalian berada di dalam bangunan dan di luar bangunan?

Hasil presentasi siswa-siswi kelas 7 SMP-IT Ar Rahmah Pacitan dalam bentuk vlog dapat disaksikan di bawah ini :
KELAS 7A
KELAS 7B
KELAS 7C

KELAS 7D
     
~ Pada hakikatnya, jadikan setiap rumah sebagai sekolah dan jadikan setiap orang sebagai guru (Ki Hajar Dewantara) ~ 
~Tetap Semangat Belajar IPA #dirumahaja ~


1 komentar:

Bab 10. Cahaya dan Alat Optik (Materi 3 : Alat Optik)

Kompetensi Dasar : Pengetahuan 3.12 Menganalisis sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung, serta penerapannya...