Pengetahuan
3.1 Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar (baku).
Keterampilan
4.1 Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti proses pembelajaran daring, peserta didik dapat :
1. Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA dengan benar.
2. Menjelaskan 3 komponen keterampilan proses penyelidikan ilmiah IPA meliputi: pengamatan, inferensi, dan komunikasi dengan benar.
3. Membedakan besaran, satuan dan pengukuran dengan benar.
4. Menyebutkan 7 besaran pokok beserta satuannya dengan benar.
5. Menyebutkan contoh besaran turunan beserta satuannya dengan benar.
6. Membedakan satuan baku dan tidak baku dengan benar.
7. Menyebutkan alat ukur besaran pokok dan besaran turunan dengan benar.
8. Melakukan konversi satuan internasional dari besaran pokok panjang, massa, dan waktu dengan benar.
9. Melakukan konversi satuan internasional dari besaran turunan kecepatan dengan benar.
10. Menentukan hasil pengukuran panjang menggunakan jangka sorong dengan benar.
11. Menentukan hasil pengukuran panjang menggunakan mikrometer sekrup dengan benar.
12. Menentukan hasil pengukuran massa menggunakan neraca dengan benar.
13. Menentukan hasil pengukuran waktu menggunakan stopwatch dengan benar.
7. Menyebutkan alat ukur besaran pokok dan besaran turunan dengan benar.
8. Melakukan konversi satuan internasional dari besaran pokok panjang, massa, dan waktu dengan benar.
9. Melakukan konversi satuan internasional dari besaran turunan kecepatan dengan benar.
10. Menentukan hasil pengukuran panjang menggunakan jangka sorong dengan benar.
11. Menentukan hasil pengukuran panjang menggunakan mikrometer sekrup dengan benar.
12. Menentukan hasil pengukuran massa menggunakan neraca dengan benar.
13. Menentukan hasil pengukuran waktu menggunakan stopwatch dengan benar.
14. Menentukan hasil pengukuran volume benda tidak teratur dengan benar.
Pekan 1 : Besaran, Satuan dan Pengukuran
Pekan 2 : Konversi Satuan
Pekan 3 : Jangka Sorong dan Mikrometer Sekrup
Pekan 4 : Neraca Ohauss, Stopwatch, dan Pengukuran Volume Benda Tidak Teratur
Pengetahuan
Pekan 2 : Konversi Satuan
Pekan 3 : Jangka Sorong dan Mikrometer Sekrup
Pekan 4 : Neraca Ohauss, Stopwatch, dan Pengukuran Volume Benda Tidak Teratur
BAB. 2 KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
3.2 Mengklasifikasikan
makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.
Keterampilan
4.2 Menyajikan
hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda
di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti proses pembelajaran daring, peserta didik dapat :
1. Membedakan makhluk hidup dan benda mati dengan benar
2. Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dengan benar.
3. Menjelaskan tujuan dari klasifikasi makhluk hidup dengan benar.
4. Menuliskan nama spesies berdasarkan sistem binomial nomenklatur dengan benar.
5. Menjelaskan perbedaan kingdom Monera dan Protista
dengan benar.
6. Menjelaskan ciri-ciri kingdom Fungi dengan
benar.
7. Menjelaskan perbedaan antara
tumbuhan lumut dan paku dengan benar.
8. Mengklasifikasikan tumbuhan berbiji
terbuka dan berbiji tertutup dengan benar.
9. Mengklasifikasikan tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil dengan benar.
9. Mengklasifikasikan tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil dengan benar.
10. Menjelaskan ciri-ciri hewan avertebrata dan vertebrata dengan benar.
11. Menyebutkan contoh hewan avertebrata dan vertebrata dengan benar.
12. Menggunakan kunci determinasi sederhana dengan benar.
Materi Esensial :
Pekan 5 : Ciri-Ciri Makhluk Hidup dan Klasifikasi Makhluk Hidup
Pekan 6 : Sistem Klasifikasi 5 Kingdom
Pekan 7 : Kunci Determinasi
Pekan 5 : Ciri-Ciri Makhluk Hidup dan Klasifikasi Makhluk Hidup
Pekan 6 : Sistem Klasifikasi 5 Kingdom
Pekan 7 : Kunci Determinasi
Pengetahuan
3.3 Memahami
konsep campuran dan zat
tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia
dalam kehidupan sehari-hari.
Keterampilan
4.3 Menyajikan
hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan,
perubahan fisika dan perubahan kimia atau pemisahan campuran.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti proses pembelajaran daring, peserta didik dapat :
1. Membedakan karakteristik zat padat, cair, dan gas dengan benar.
2. Mengklasifikasikan zat padat, cair, dan gas dengan benar.
3. Membedakan ciri-ciri perubahan fisika dan perubahan kimia suatu zat dengan benar.
4. Mengidentifikasi contoh-contoh perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
5. Menghitung massa jenis suatu zat dengan benar.
6. Menerapkan konsep nama dan lambang unsur pada kehidupan sehari-hari dengan benar
7. Menentukan unsur-unsur penyusun suatu senyawa.
8. Membedakan campuran homogen dan heterogen dengan benar.
9. Mengidentifikasi larutan asam dan basa berdasarkan ciri-cirinya dengan benar.
10. Mengklasifikasikan contoh larutan atau makanan yang bersifat asam dan basa dengan benar.
11. Menjelaskan prinsip kerja berbagai metode pemisahan campuran dengan benar.
11. Menjelaskan prinsip kerja berbagai metode pemisahan campuran dengan benar.
Pekan 8 : Wujud Zat dan Perubahan Zat
Pekan 9 : Massa Jenis Zat
Pekan 10 : Unsur dan Senyawa
Pekan 11 : Campuran Homogen dan Heterogen serta Pemisahan Campuran
BAB. 4 SUHU DAN PERUBAHANNYA
Kompetensi Dasar :
Pengetahuan
3.4 Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan.
3.4 Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan.
Keterampilan
4.4 Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor.
4.4 Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti proses pembelajaran daring, peserta didik dapat :
1. Menjelaskan pengertian suhu dengan benar.
2. Menerapkan perhitungan konversi suhu dengan benar.
3. Menjelaskan pemuaian zat padat, cair, dan gas dengan benar.
4. Melakukan perhitungan pemuaian zat padat, zat cair, dan gas dengan benar.
5. Menjelaskan pengertian kalor dengan benar.
6. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kalor dengan benar.
7. Melakukan perhitungan jumlah kalor pada kenaikan suhu zat dengan benar.
8. Mendeskripsikan hubungan kalor dengan perubahan wujud dengan benar.
9. Menganalisis kalor yang berperan dalam proses perubahan wujud zat dengan benar.
10. Menganalisis konsep Asas Black dalam pencampuran dua zat dengan benar.
10. Menganalisis konsep Asas Black dalam pencampuran dua zat dengan benar.
11. Menjelaskan perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi dengan benar.
12.Menjelaskan contoh peristiwa penerapan perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
Pekan 12 : Suhu dan Konversi Suhu
Pekan 13 : Pemuaian
Pekan 14 : Kalor
Pekan 15 : Hubungan Kalor dan Perubahan Wujud Zat
Pekan 16 : Asas Black
Pekan 17 : Perpindahan Kalor
BAB. 5 ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN
Pengetahuan
3.5 Memahami konsep energi, berbagai sumber
energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk
fotosintesis.
Keterampilan
4.5 Menyajikan
hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi
termasuk fotosintesis.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti proses pembelajaran daring, peserta didik dapat :
1. Menjelaskan pengertian energi dengan benar.
2. Menjelaskan
sumber-sumber energi dengan benar.
3. Menjelaskan perubahan energi yang terjadi di alam dan sekitar
rumah dengan benar.
4. Menjelaskan hubungan antara energi potensial, energi kinetik dan energi mekanik dengan benar.
5. Menerapkan rumus perhitungan energi potensial, energi kinetik dan energi mekanik dengan benar.
6. Menjelaskan perubahan bentuk energi pada proses fotosintesis dengan benar.
7. Menjelaskan perubahan bentuk energi pada
proses respirasi dengan benar.
Pekan 18 : Energi dan Perubahan Bentuk Energi
Pekan 19 : Energi Potensial, Energi Kinetik dan Energi Mekanik
Pekan 20 : Fotosintesis dan Respirasi
~ Tetap Semangat Belajar IPA #dirumahaja ~
Tidak ada komentar:
Posting Komentar